Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bantul Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Siapkan Rp8 Miliar untuk Hadapi Bencana

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 20 Juni 2017 - 12:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Kimur (Kotim) menganggarkan dana Rp8 miliar untuk penanganan bencana alam.

"Dana tersebut akan disebar kepada sejumlah satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) yang bersentuhan dengan bencana dan pencegahan," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kotim Putu Sudarsana, Selasa (20/6/2017).

Sejumlah bencana alam seperti banjir dan kebakaran lahan memang kerap terjadi di Kotim. Seperti halnya saat musim penghujan tiba, dimana bencana banjir sering melanda beberapa desa atau jalan kota di wilayah dataran rendah.

Sedangkan saat musim kemarau, bencana alam yang pernah terjadi dan sempat menjadi sorotan adalah bencana kebakaran hutan yang disusul dengan kabut asap. Sehingga agar dapat menanggulangi bencana tersebut, pihaknya lebih dulu melakukan pencagahan. Dengan harapan agar hal tersebut tidak terjadi.

"Nantinya baik iti sosialisasi dan penyuluhan akan dilakukan. Sehingga bencana dapat terhindarkan," kata Putu.

Beberapa SOPD yang menerima dana tersebut diantaranya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, serta beberapa SOPD lainnya yang berkaitan dengan bencana dan pencegahannya.

Dengan adanya hal itu, maka bencana alam seperti banjir dan juga kebakaran lahan yang mengakibatkan kabut asap bisa teratasi. Sehingga kejadian seperti beberapa waktu lalu tidak terulang kembali. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru