Software Pemenangan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Mura Belum Peka Gali Potensi untuk PAD

  • Oleh Supri Adi
  • 20 Juni 2017 - 16:26 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Saat ini pihak Pemkab Murung Raya (Mura) dianggap kurang peka terhadap sumber potensi yang bisa digali untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Ketua DPRD Mura Gad F Silam mencontohkan sektor yang masih luput dari atau belum tergali PAD-nya. Yakni masalah bangunan sarang burung walet yang sekarang menjamur di Kabupaten Mura dan bisa dikatakan menjadi salah satu usaha oleh masyarakat.

"Untuk bangunan sarang burung walet sebenarnya banyak potensi yang bisa diambil, seperti izin mendirikan bangunan (IMB), pajak bumi dan bangunan (PBB), izin usaha dan pajak penghasilan," ungkap Gad, Selasa (20/6/2017).

Menurut Gad, bila ingin menarik potensi tersebut tentu saja harus dibuat payung hukum berupa Peraturan Daerah (Perda) atau minimal Peraturan Bupati (Perbup). Sehingga hasil yang dipungut benar-benar bisa menambah penerimaan daerah secara maksimal dan digunakan untuk pembangunan.

"Bagaimana mau menarik kalau payung hukum saja sampai sekarang tidak ada, jadi jelas pihak Pemkab Mura belum peka untuk melirik hal ini. Ke depan diharapkan hal ini bisa diperhatikan sehingga potensi yang berada di depan mata tidak disia-siakan," tambah Gad lagi.

Dalam menarik potensi ini juga, Gad meminta agar dinas terkait bisa membuat draf Raperda agar bisa dibahas bersama dengan pihak DPRD sehingga bisa dijadikan Perda. (SUPRIADI/B-2)

Berita Terbaru