Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kebiasaan BAB di Sungai Harus Dihilangkan

  • Oleh Supri Adi
  • 20 Juni 2017 - 15:56 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Murung Raya (Mura) terus mendorong agar masyarakatnya, terutama yang tinggal di bantaran Sungai Barito agar perlahan-lahan meninggalkan kebiasaan Buang Air Besar (BAB) di sungai.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mura, Suria Siri saat dikonfirmasi Borneonews, Selasa (20/6/2017) mengatakan pihaknya meminta kepada pejabat desa untuk turut membantu upaya merubah kebiasaan masyarakat BAB di sungai.

"Sekarang kebiasaan buang air di sungai masih dilakukan sebagian besar masyarakat yang tinggal di bantaran sungai. Tentunya hal ini kita upayakan ke depan untuk dikurangi dengan cara membuat WC di rumah," kata Suria.

Menurut Suria, agar masyarakat merasa termotivasi dan bisa merubah kebiasaan tidak sehat tersebut, aparat desa baik kepala desa maupun seluruh anggota BPD agar terlebih dahulu memberi contoh dengan membuat WC di rumah.

Tidak hanya mengerahkan para pejabat desa, Suria juga mengatakan ada juga gerakan dengan menjadikan dua desa sebagai pelopor tidak buang air di sungai dan saat ini program tersebut sudah berjalan.

"Kedua desa tersebut adalah Desa Kalasin, Kecamatan Seribu Riam dan Desa Tumbang Tonduk Kecamatan Barito Tuhup Raya," sebut Suria lagi.(SUPRIADI/B-8)

Berita Terbaru