Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sleman Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wartawan di Palangka Raya Diuji Kemahiran Berbahasa Indonesia

  • Oleh Roni Sahala
  • 20 Juni 2017 - 18:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah menggelar Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) bagi wartawan di Kota Palangka Raya, Selasa (20/06/2017). Kegiatan itu diikuti lebih dari 30 jurnalis.

UKBI merupakan kelanjutan dari Penyuluhan Bahasa Indonesia yang digelar oleh Balai Bahasa Kalteng 7-9 Maret 2017 lalu. Kegiatan ini dimaksudkan untuk melihat efektivitas penyuluhan yang sudah diberikan.

Dalam kegiatan itu wartawan diuji kemahiran berbahasa Indonesia seperti dalam ujian nasional. Setiap peserta diberi kertas jawaban dan soal untuk diisi.

Namun ujian kali ini cukup berat karena para pewarta diharuskan mendengarkan dialog dan menemukan kaidah kata. Lalu kaidah itu diterjemahkan untuk menjawab pertanyaan tertulis yang diberikan.

Selain ujian mengisi 90 pertanyaan, pada sesi IV, setiap peserta diwajibkan membuat wacana. Adapun wacana kali itu tentang pengelolaan sampah yang dibuat dalam 200 kata.

Pada sesi V, ujiannya cukup santai karena wartawan hanya ditugaskan berdiskusi mengenai bahasa Indonesia. Adapun sumber yang dihadirkan yakni wartawan senior TB Asmadi. (RONI SAHALA/B-3)

Berita Terbaru