Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lamongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kontingen Kecamatan Sepang dan Miri Manasa Juara Lomba Mangaruhi

  • 20 Juni 2017 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Kontingen Kecamatan Sepang dan Kecamatan Miri Manasa berhasil keluar sebagai juara lomba mangaruhi pada Festival Budaya Mihing Manasa (FBMM) yang digelar di halaman Sanggar Budaya Manggatang Tarung, Selasa (20/6/2017).

Kontingen Kecamatan Sepang menjadi juara pada kategori putri, sedangkan kontingen Kecamatan Miri Manasa juara pada kategori putra.

Runner up dan peringkat tiga lomba mangaruhi kategori putri secara berturut-turut direbut kontingen Kecamatan Rungan Hulu dan Kecamatan Miri Manasa.

Selanjutnya, untuk kategori putra, runner up dan peringkat tiga secara berturut-turut direbut kontingen Kecamatan Rungan Barat dan Kecamatan Kurun.

Mangaruhi merupakan tradisi masyarakat Dayak dalam menangkap ikan dengan tangan kosong. Untuk teknis lomba mangaruhi, setiap kontingen terdiri dari dua orang. Seorang bertugas menangkap ikan di kolam dan seorang lainnya membawa tempat ikan hasil tangkapan.

Waktu perlombaan 2x10 menit. Bagi peserta yang paling banyak mengkap ikan di kolam dinyatakan sebagai pemenang. (EPRA SENTOSA/B-3)

Berita Terbaru