Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Situbondo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengusaha Asal Tiga Negara Ini yang Bawa Keluar Zirkon Kalteng

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 21 Juni 2017 - 14:34 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran menyebut ada tiga negara yang pengusahanya membawa keluar bahan tambang jenis Zirkon dari sejumlah wilayah. Pengusaha asal tiga negara yang dimaksud gubernur adalah Singapura, Australia, dan Cina/Tiongkok.

'Kita sudah inventarisasi gudang-gudang Zirkon. Itu milik pengusaha asal Australia, Singapura, dan cina atau Tiongkok. Kita akan tangkap mereka agar mau bayar pajaknya dulu, kita ajari mereka agar legal dulu baru berbisnis,' ungkap Sugianto.

Mereka membawa Zirkon terbanyak dari dua kabupaten di Kalteng yaitu Pulang Pisau dan Katingan. Pascamomentum lebaran 2017 usai, ia berancang-ancang menggeber razia besar-besaran kepada cukong bahan tambang bersama aparat Kepolisian dan TNI. Gubernur bakal tancap gas karena sudah berlangsung lama aksi penimbunan zirkon yang disimpan di sejumlah gudang.

Gubernur juga telah mengantongi beberapa pengusaha tambang lainnya maupun perkebunan di Kalteng yang masih saja melakukan bisnis ilegalnya di Bumi Tambun Bungai ini. Ia mengingatkan, betapa sulitnya membangun Kalteng tanpa ada penerimaan daerah yang hebat.

'Padahal pajak untuk membangun daerah ini artinya mereka mau keruk dan bawa lari hasil tambangnya saja. Kita banyak cheklist perusahaan yang ilegal yang belum mensejahterakan masyarakat sekitar, membangun plasma untuk masyarakat pun belum, yang begini ini yang kita tertibkan,' tandas dia. (ROZIQIN/B-2)

Berita Terbaru