Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nabire Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Penjelasan Dinkes Mura Terkait Penyalahgunaan Obat Komix

  • Oleh Supri Adi
  • 21 Juni 2017 - 17:16 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Murah meriah, itulah yang menjadi alasan maraknya penyalahgunaan obat batuk Merk Komix di kalangan anak muda. Tujuang penyalahgunaan itu untuk efek mabuk seperti saat meminum minuman keras pada umumnya.

Demikian disampaikan Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Murung Raya (Mura), Suwirman Hutagalung saat ditemui Borneonews di kantornya, Rabu (21/6/2017). Ia menegaskan penggunaan obat Komix jika tepat memang bisa untuk terapi, namun jika disalahgunakan bisa merusak fungsi organ manusia.

"Tentu akan merusak hati dan ginjal bila digunakan tidak sesuai dosis dan pada dasarnya juga obat itu racun. Akan tetapi akan mempunyai efek terapi bila digunakan sesuai dosis," ungkap Suwirman.

Menurut Suwirman, dalam obat komix terdapat alkohol yang bisa menyebabkan efek mabuk. Hal itu tentu berdampaknya negatif layaknya seperti mengkonsumsi minuman keras jika Komix dikonsumsi dalam jumlah besar.

"Cuma rumus senyawa antara obat komix dengan minuman keras itu yang berbeda, yang berarti efek perusakannya itu tidak seperti alkohol, tetapi akan merusak organ dalam penggunaan jangka panjang," tambah Suwirman. (SUPRIADI/B-8)

Berita Terbaru