Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Blora Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Luas Lahan Potensial Di Kobar Capai 27 Ribu hektare

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 21 Juni 2017 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Luasan lahan potensial di Kabupaten Kotawaringin Barat mencapai 27 ribu hektaree, dari luasan tersebut yang baru tergarap hingga saat ini baru 4 ribu hektare.

Menurut Bupati Kobar Hj Nurhidaya, masih banyaknya lahan yang belum dimanfaatkan tersebut perlu dicarikan solusinya agar lahan kosong tersebut bisa optimal. Sehingga, lahan kosong itu bisa menghasilkan nilai ekonomis dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya melalui pembangunan perkebunan swadaya masyarakat.

"Seperti kegiatan penanaman perdana pohon sawit swadaya masyarakat pada hari ini dan kami selaku pemerintah daerah mengapresiasi PT. SSMS Tbk," kata Bupati Kotawaringin Barat, Hj. Nurhidayah, Selasa (21/6/2017).

Ia mengungkapkan bahwa sejauh ini CBI Group sudah membuka untuk plasma seluas 10 ribu hektare dan untuk tahun 2017 ini ada sekitar 500 ribu bibit yang akan dibantukan kepada masyarakat.

Selain itu, Pemkab Kobar juga memberikan perhatian bukan saja kepada pelaku usaha berskala besar tetapi juga pelaku usaha kecil dan melalui Peraturan Menteri Pertanian Nomor 98 Tahun 2013 perkebunan swasta telah diwajibkan untuk membangun perkebunan rakyat disekitar wilayah perkebunan seluas 20 persen dari luas izin usahanya.

"Namun di lapangan kita masih mengalami kendala terkait dengan kesediaan lahan yang masih dalam status hutan produksi sehingga berpengaruh pada program karena kendala status kawasan tersebut," keluh Nurhidayah.

Dengan kondisi ini maka kami berharap agar Dirjen Perkebunan dapat memfasilitasi agar di pusat dapat memperjuangkan status kawasan dari HP ke APL. (KOKO SULISTYO/B-8)

Berita Terbaru