Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rokan Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengoperasian Pelabuhan RORO Kumai Lebih Optimal

  • 22 Juni 2017 - 08:52 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sub Seksi Pelayaran Kapal dan Usaha Pelabuhanan, Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kumai, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Azwar Anas menilai arus mudik di Pelabuhan Roll On Roll Off (RORO) tahun ini lebih baik dibanding tahun lalu.

Penilaian itu, sambung Azwar, dilihat dari sisi ketertiban penumpang baik di dalam terminal penumpang maupun saat para pemudik bersiap dan saat menuju ke dalam kapal semakin tertib.

"Untuk hasil pemantauan kali ini, arus mudik di pelabuhan RORO lebih baik dari tahun sebelumnya, sistem pengoprasian fasilitas yang ada juga lebih optimal," ujar Azwar, Rabu (21/6/2017).

Dia melanjutkan, kelancaraan mudik tahun ini tidak lepas dari kerjasama seluruh pihak terkait. "Kami juga berterima kasih atas kerjasama yang baik dari instansi yang tergabung dalam posko angkutan laut lebaran 2017 di Pelabuhan Kumai," katanya.

Hingga saat ini Kapal Kalibodri milim ASDP sudah dua kali mengangkut penumpang mudik dari Tempenek Kumai ke Kendal Jawa Tengah. Jumlahnya sekitar 1.350 penumpang.

Kelancaran arus mudik di pelabuhan itu juga diakui petugas Kementerian Perhubungan. Frengky selaku Kasi pengukuran Pendaftaran dan Kebangsaan Kapal Barang dan Peti Kemas, Ditjen Hubla arus mudik di pelabuhan RORO kondusif meskipun tiketnya masih sistem manual.

"Sampai saat ini pantauan kami dari pusat, arus mudik di pelabuhan ini cukup lancar, aman, tertib meskipun tiketnya masih manual," akunya.

Hanya saja, pantauan di lapangan para pemudik banyak yang menyayangkan kondisi infratruktur jalan dari bundaran Marunting Batu Aji atau dikenal Bundaran Pangkalan Lima sampai ke pelabuhan kondisinya memprihatinkn.

"Harapan kami sebagai penumpang, jalannya segera diperbaiki karena saya sudah berkali-kali naik kapal dari Kumai ke Kendal yang kurang itu jalan ke pelabuhannya," Irvan salah satu calon penumpang Kapal Kalibodri. (FAHRUDDIN FITRIYA/B-6)

Berita Terbaru