Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapolres Barito Selatan Imbau Masyarakat Waspada Dan Antisipasi Uang Palsu

  • Oleh Uriutu
  • 22 Juni 2017 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Buntok ' Kapolres Barito Selatan (Barsel) AKBP Yussak Angga mengimbau masyarakat waspada dan mengantisipasi uang palsu jelang Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijiriah.

'Kita meminta seluruh masyarakat mewaspadai peredaran uang palsu apalagi menjelang bulan suci Ramadan dan Idul Fitri 14368 Hijriah,' kata Yussak Angga kepada Borneonews, Kamis (22/6/2017).

Menurut Kapolres, transaksi jual beli pada bulan Ramadan dan Lebaran maupun hari-hari besar keagamaan lainnya akan meningkat. Sehingga rawan terjadinya peredaran uang palsu.

Peredaran uang palsu, lanjut dia, dimungkinkan bisa terjadi di tempat keramaian atau lokasi transaksi jual beli seperti di Pasar Plaza Beringin Buntok, toko-toko, dan kios.

'Saya juga mengingkatkan khususnya kepada masyarakat yang ada di daerah perdesaan agar mengantisipasi beredarnya uang palsu agar tidak menjadi korban,' ucap dia.

Karena, lanjut dia, jenis atau bentuk uang kertas yang terbaru masih banyak yang belum ditahui masyarakat.

Langkah antisipasi dalam mencegah peredaran uang palsu yakni dengan cara mengenali uang asli dengan dilihat, diraba, dan diterawang. Bila mendapati uang palsu segera lapor polisi.

'Saya sudah perintahkan kepada seluruh personel Bhabinkamtibmas agar memberikan pembinaan dan penyuluhan berkaitan dengan imbauan waspada peredaran uang palsu kepada masyarakat serta di kalangan penjual dan pembeli di seluruh wilayah perdesaan,' sebutnya.

Kegiatan semacam ini, lanjut dia, terus ditingkatkan untuk kewaspadaan bersama. Dan jangan hanya memikirkan keuntungan semata. 'Saya minta selalu waspada terhadap peredaran uang palsu terutama pada saat transaksi jual beli berlangsung,' ucap dia.

Meskipun belum ada laporan dari masyarakat, Kapolres tetap menginstruksikan jajaran untuk terus waspada dan memantau, khususnya di tempat-tempat yang rawan terjadinya peredaran uang palsu.

'Kepada siapapun yang mencurigai atau menemukan uang palsu dapat segera melaporkanya kepada kami agar bisa cepat ditanggulangi dan menangkap pelaku pengedarnya,' tegasnya. (URIUTU DJAPER/B-3)

Berita Terbaru