Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wakatobi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hasil Berlipat Bisa Didapat dari Metode Aquaponik

  • Oleh Testi Priscilla
  • 25 Juni 2017 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Bidang Budidaya Dinas Perikanan Kota Palangka Raya Lensi Asi menyebut, hasil berlipat bisa didapat dengan metode aquaponik.

Metode ini menurutnya sedang disosialisasikan dan digencarkan kepada sejumlah masyarakat yang sehari-hari berprofesi sebagai pembudidaya ikan.

"Kita sedang memperkenalkan metode aquaponik kepada pembudidaya ikan di Palangka Raya. Metode ini bisa menjadi alternatif budidaya ikan karena hasilnya akan berlipat ganda," tutur Lensi kepada Borneonews, Minggu (25/6/2017).

Menurut Lensi, hasil berlipat dimaksud karena metode aquaponik merupakan metode menanam tumbuhan dengan metode air. Berbeda dengan metore tanam hidroponik, metode aquaponik justru menyatukan metode tanam dengan metode budidaya ikan.

"Jadi pembudidaya ikan akan mendapatkan hasil ganda. Selain tetap melakukan budidaya ikan, pembudidaya ikan juga akan menghasilkan sayur atau buah-buahan. Keuntungannya akan ganda," tambah Lensi.

Hal ini sedang gencar disosialisasi menurut Lensi dengan harapan masyarakat kota Palangka Raya terutama para pembudidaya ikan bisa mendapatkan hasil maksimal dari pekerjaannya. Tidak hanya berkutat kepada budidaya aneka ikan tetapi juga dipadupadankan dengan kegiatan lain yang juga menguntungkan.

"Kita berharap ini akan berimbas kepada perekonomian masyarakat terutama kaum pembudidaya ikan. Dengan keuntungan ganda, kesejahteraan pembudidaya ikan tentu akan meningkat," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru