Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Poso Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Simbiosis Mutualisme, Metode Aquaponik Memudahkan Pembudidaya Ikan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 25 Juni 2017 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Metode budidaya ikan yang dibarengi dengan menanam tumbuhan dalam metode aquaponik disebut akan memberikan keuntungan dua kali lipat. Sayur maupun buah dapat ditanam berbarengan dengan budidaya ini. Ditambah lagi metode ini justru memudahkan pembudidaya dalam menyiapkan pakan bagi ikan dan pupuk bagi tumbuhan.

"Dengan metode aquaponik, sistem pertanian berkelanjutan yang mengombinasikan akuakultur dan hidroponik dapat dilakukan. Kedua metode ini bida dijalankan dalam lingkungan yang bersifat simbiotik," ungkap Lensi Asi, Kepala Bidang Budidaya Dinas Perikanan Kota Palangka Raya kepada Borneonews, Minggu (25/6/2017).

Dalam akuakultur yang normal, lanjut Lensi, ekskresi dari hewan yang dipelihara akan terakumulasi di air dan meningkatkan toksisitas air jika tidak dibuang.

"Kalau dalam aquaponik, ekskresi hewan ini kemudian diberikan kepada tanaman agar dipecah menjadi nitrat dan nitrit melalui proses alami. Inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh tanaman sebagai nutrisi. Air kemudian bersirkulasi kembali ke sistem akuakultur," tambah Lensi menjelaskan.

Menurut Lensi, sistem hidroponik dan akuakultur memang sangat beragam bentuknya. Karenanya, sistem aquaponik turut menjadi sangat beragam dalam hal ukuran, kerumitan, tipe makhluk hidup yang dilibatkan, dan sebagainya. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru