Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Metode Aquaponik Sudah Diterapkan pada Tiga Kecamatan di Palangka Raya

  • Oleh Testi Priscilla
  • 25 Juni 2017 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Metode aquaponik merupakan sistem pertanian berkelanjutan yang mengkombinasikan akuakultur dan hidroponik. Kedua metode ini dijalankan dalam lingkungan yang bersifat simbiotik mutualisme. Artinya, ekskresi hewan yang dipelihara pada jaringan air kemudian diberikan kepada tanaman untuk dipecah menjadi nitrat dan nitrit melalui proses alami. Inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh tanaman sebagai nutrisi. Air kemudian bersirkulasi kembali ke sistem akuakultur.

Metode ini menurut Lensi Asi, Kepala Bidang Budidaya pada Dinas Perikanan Kota Palangka Raya telah dijalankan di tiga Kecamatan di Kota Palangka Raya sejak tahun 2016.

"Metode aquaponik telah sukses diterapkan di Kecamatan Bukit Batu, Kecamatan Sebangau, dan Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya," ungkap Lensi kepada Borneonews, Minggu (25/6/2017).

Jika ingin melihat contohnya, Lensi mempersilakan masyarakat Kota Palangka Raya untuk datang Kantor Kecamatan Sebangau. Di sana, telah diterapkan kolam aquaponik dengan membudidayakan ikan lele.

"Yang jelas, metode aquaponik ini hemat lahan dan ramah lingkungan, dengan daya tampung yang lumayan banyak. Metode ini dapat diaplikasikan di mana saja, baik di dataran rendah maupun di dataran tinggi," jelasnya. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru