Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Arus Balik Lebaran Diprediksi Terjadi Sejak H+3 Lebaran

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 25 Juni 2017 - 18:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Idul Fitri 1438 Hijriyah saat ini sudah tiba. Arus mudik di Pelabuhan Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) juga sudah berakhir. Namun untuk peningkatan aktifitas penumpang di pelabuhan akan kembali terjadi pada H+3, karena pada hari itulah arus balik akan dimulai.

"Prediksi kami arus balik akan terjadi pads H+3 lebaran," ujar Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Toto Sukarno.

Prediksi arus balik tersebut berdasarkan kedatangan kapal ke Pelabuhan Sampit. Dimana melihat dari tahun-tahun sebelumnya, penumpang akan mulai banyak, karena ada dari mereka yang tidak dapat libur panjang dan ada juga yang ingin merasakan suasana liburan atau lebaran di Kotim ini.

"Kalau prediksi kami peningkatan arus balik sudah nulai terjsdi pada H+3 tersebut, namun untuk jumlah penumpang yang datang belum bisa di prediksi," kata Toto.

Walau begitu, pihsk KSOP sendiri meyakini bajwa arus blik kali ini diyakini akan mengalami peningkatan hingga dua kali lipat. Hal itu dikarenakan banyak pemudik atau pekerja yang pulang dari kampung halamannya dengan membawa sanak keluarganya. Hal itu dilakukan guna mencari pekerjaan di perusahaan sawit yang ada di Kotim ini.

"Iya biasanya pang ke Pulau Jawa hanya sendiri, namun balik ke Kotim bisa bawa dua hingga tujuh orang sanak keluarganya," terang Toto.

Adanya hal tersebut disebabkan di Kotim ini merupakan sasaran bagi masyarakat luar daerah untuk mencari pekerjaan. Karena selain banyaknya perkebunan kelapa sawit, namun peluang usaha juga menjanjikan. (MUHAMMAD HAMIM/m)

Berita Terbaru