Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manggarai Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Palangka Raya tak Miliki Ikan Rucah dan Tepung Rebon

  • Oleh Testi Priscilla
  • 29 Juni 2017 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Perikanan Kota Palangka Raya mengakui tidak adanya ketersediaan ikan rucah dan tepung rebon di kota berjuluk Kota Cantik ini. Bukan disengaja, tetapi karena kedua komoditas ini memang hanya tersedia di daerah-daerah dekat laut.

Menurut Kepala Bidang Budidaya Dinas Perikanan Kota Palangka Raya Lensi Asi , kedua komoditas itu merupakan bahan utama pembuatan pakan ikan selain dedak padi.

"Ketersediaan ikan rucah maupun tepung rebon harus dipasok dari luar daerah, seperti Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur atau daerah lain yang memiliki pantai," tutur Lensi kepada Borneonews, Kamis (29/6/2017).

Begitu pula kondisinya dengan dedak padi. Karena hasil produksi petani lokal masih terbatas, dedak padi juga sulit didapatkan. Kemungkinan jika untuk di daerah Pulang Pisau dan Kapuas yang menjadi lumbung pertanian dedak padi akan mudah didapatkan. Artinya, Palangka Raya tetap harus memasok dari luar untuk bahan yang satu ini.

"Keadaan inilah yang membuat sebagian besar pembudidaya ikan lebih memilih membeli pakan daripada membuatnya sendiri. Walaupun kalau membuat akan lebih murah dan banyak tetapi kalau bahan bakunya susah didapat seperti ini mau tidak mau kita juga membiarkan pembudidaya membeli daripada memaksa mereka untuk membuat sendiri," tutup Lensi. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru