Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Barru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Politisi Nasdem Ini Minta Pemkab Kotim Perhatikan Serapan Anggaran

  • Oleh Naco
  • 29 Juni 2017 - 19:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi I DPRD Kotawaringin Timur, Syahbana meminta agar satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) memaksimalkan serapan anggaran.

"Sebab anggaran yang sudah dialokasikan wajib direalisasikan," kata Syahbana, Kamis (29/6/2017).

Dia menyebut selama ini perencanaan program ada di SOPD, sedangkan DPRD hanya melihat dari skala prioritas terkait anggaran yang diberikan.

Jadi dinas sebagai eksekutor program. "Eksekutif jika tidak mampu menyerap anggaran yang sudah diketok melalui lembaga dewan perlu dipertanyakan kemampuannya dalam merealisasikan apa yang direncanakanya,"tegasnya.

Selain itu yang perlu ditekankan menurut Syahbana pada pemanfaatan anggaran bagi kepentingan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

"Memasuki semester dua hendaknya tidak mampu meneyrap sesuai target itu dilakukan evaluasi untuk perbaikan. Sebab masih ada waktu lebih 6 bulan untuk memaksimalkan serapan anggaran pada instansi yang dinilai masih lemah. Bukan hanya memaksimalkan daya serap tapi juga asas pemanfaatannya," tegasnya.

Politisi Nasdem ini menyarankan pemerintah daerah perlu mengambil kebijakan untuk mengarahkan lebih banyak porsi anggaran ke sektor pertanian dan perkebunan, karena dua sektor ini memiliki asas pengelolaan anggaran berbasis masyarakat dengan cakupan lebih luas.

"Sementara sektor lain yang masih perlu peningkatan dengan dukungan anggaran lebih seperti kesehatan, terutama bagi masyarakat perkampungan yang sampai saat ini masih kurang," tandasnya.(NACO/B-6)

Berita Terbaru