Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Total Insentif Ketua RT di Kecamatan Pahandut Mencapai Rp1 Miliar

  • Oleh Testi Priscilla
  • 29 Juni 2017 - 19:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Abramsyah, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya mengatakan besaran insentif untuk ketua RT sudah sesuai kinerja.

Hal ini dapat ia pastikan dengan melihat dari anggaran yang disediakan oleh Pemerintah Kota Palangka Raya.

"Untuk Kecamatan Pahandut saja dalam satu tahun Pemko menganggarkan Rp1 miliar untuk insentif ketua RT/RW. Itu contoh di satu kecamatan saja ya," ungkap Abramsyah kepada Borneonews, Kamis (29/6/2017).

Contoh ini diberikan Abramsyah lantaran dia merupakan mantan Camat Pahandut hingga 2016 sebelum diangkat menjadi Kabag Kesra oleh Wali Kota Palangka Raya.

"Memang Pahandut merupakan kecamatan terbesar dari lima kecamatan lainnya di Kota Palangka Raya, jumlah ketua RT-nya saja mencapai 300 lebih. Kecamatan Jekan Raya kemungkinan hampir sama karena luas kawasannya juga cukup besar. Tapi bukan lantas tiga kecamatan lainnya jumlahnya kecil karena anggaran tergantung jumlah Ketua RT. Tapi ini hanya gambaran jika untuk satu kecamatan saja mencapai Rp1 miliar berarti untuk lima Kecamatan sekian rupiah," tuturnya.

Meski tidak bisa menyebutkan berapa jumlah tepatnya untuk anggaran yang dikeluarkan Pemko untuk insentif Ketua RT, namun Abramsyah memastikan besaran insentif yang diterima ketua RT Rp250.000 per bulan sudah layak.

"Datanya kan ada di Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah. Tapi itu gambaran yang di Pahandut karena saya pernah bertugas di sana. Jadi saya rasa Rp250.000 itu sudah layak apalagi kan disalurkan per triwulan jadi sekali terima Rp750.000," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru