Aplikasi Real & Quick Count & Arsip Form C1 Digital

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Alasan Pedagang Ayam dan Pemasok Cabai Saat Harga Naik

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 29 Juni 2017 - 21:38 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Di Kota Palangja Raya harga daging ayam ras melonjak dibanding sesaat sebelum lebaran.

Kini harga naik menjadi Rp40 ribu dari sebelum lebaran Rp34 ribu per Kg. Sedangkan harga cabai rawit sudah turun menjadi Rp60 ribu dari sebelumnya pagi H-1 lebaran Rp100 ribu, bahkan melejit hingga Rp140 ribu.

Meski dua komoditas ini berkebalikan dalam momen penaikan harganya, namun ada alasan unik yang dikemukakan pedagang daging ayam dan cabai. Keduanya tidak mau kalah sengit 'menjual' alasan, hampir sama dalam mendasarkan alasan, yaitu petani dan peternak.

'Sekarang Rp40 ribu untuk ayam ras dan sebelumnya Rp34 ribu di Pasar Besar dan di sini. Harga terus naik setelah lebaran itu wajar, karena tidak ada yang motong terbatas orangnya,' terang Alin, pedagang daging di Pasar Rajawali kepada Borneonews, Kamis (29/6/2017).

Sementara itu Sumardi, seorang pemasok cabai di Pasar Besar Jalan A Yani Palangka Raya saat ditanya Satgas Mafia Pangan dari Disperindag dan Polres Palangka Raya menyebut faktor penaikan harga karena petani.

"Kalau saat seperti jelang lebaran ya petaninya tidak ada yang metik, semua pada siap mudik. Barangnya ada saja di lahan, tapi tidak ada yang metik. Nanti kalau sehabis lebaran pasti harga normal lagi karena sudah ada yang metik,' ujarnya memberi alasan. (ROZIQIN/B-6)

Berita Terbaru