Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ngada Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rusak Lagi-Rusak Lagi! Warga Bosan Perbaiki Jalan Permukiman di Raja Seberang

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 01 Juli 2017 - 17:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Selama bertahun-tahun warga Kelurahan Raja Seberang, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, dihadapkan pada buruknya infrastruktur jalan permukiman yang berupa jembatan titian terbuat dari kayu ulin sepanjang hampir 1,5 kilometer.

Tambal sulam titian dengan papan baru bukan hanya sekali dua kali dilakukan. Tapi sudah tidak terhitung jumlahnya. Namun, tidak sampai dua bulan papan tambalan kembali terlepas atau bahkan patah dan meninggalkan lubang menganga yang membahayakan warga saat melintas.

Baru-baru ini, Pemerintah Kecamatan Arut Selatan menyumbangkan puluhan papan ulin untuk memperbaiki titian. Namun itu tidak cukup membantu. Karena tambalan sebelumnya dari papan lokal sudah mulai rusak.

Beberapa titik bahkan telah berlubang, mulai dari 25 centimeter hingga selebar titian. Kehadiran lubang itu tentu membahayan masyarakat yang melintas, terutama pada malam hari. Walau demikian, karena keterbatasan anggaran yang dimiliki, pihak kelurahan memilih membiarkan kerusakan tersebut.

"Warga sudah berupaya keras untuk memperbaiki selama bertahun-tahun bahkan sudah berapa kepala daerah yang berganti tapi tidak ada perhatian ke infrastruktur jembatan ini," kata Indra Gunawan, warga RT 02, Raja Seberang, Sabtu (1/7/2017).

Ia menuturkan, tidak sedikit dana swadaya masyarakat maupun anggaran kelurahan dihabiskan untuk membeli papan guna memperbaiki titian. Bahkam, warga baru-baru ini secara swadaya membeli pasir dan semen untuk mencor muara jalan menuju permukiman.

Pantauan Borneonews, titian pada enam rukun tetangga di Kelurahan Raja Seberang, kondisinya memprihatinkan, bahkan ada yang mulai miring dan tidak layak untuk dilewati. (KOKO SULISTYO/B-3)

Berita Terbaru