Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Paser Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penggunaan ADD dan DD Perlu Pengawasan Dari Semua Elemen

  • Oleh Uriutu
  • 02 Juli 2017 - 14:32 WIB

BORNEONEWS, Buntok ' Penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) di Barito Selatan (Barsel), perlu pengawasan dari semua elemen. Demikian disampaikan Ketua DPRD Barito Selatan (Barsel), Tamarzam, Minggu (2/7/2017).

'Saya minta semua elemen baik pemerintah maupun masyarakat untuk mengawasi pengunaan ADD dan DD, agar tidak terjadi penyelewengan,' kata Tamarzam.

Dia mengatakan, setiap desa hampir menerima ADD dan DD sebesar Rp1 miliar lebih. Besarnya dana tersebut sangat rawan terjadi penyimpangan.

Sehingga, untuk mengantisipasi serta mencegah penyimpangan, lanjut dia, selain pengawasan yang ketat juga perlu adanya bimbingan secara khusus terhadap aparatur desa.

Kemudian, transparansi atau keterbukaan masalah keuangan sangat penting dalam pembangunan di desa. Karena, baik buruknya pembangunan bisa dilihat pengelolaan keuangan yang baik.

Dia menegaskan, persoalan transparansi penggunaan anggaran tidak bisa ditawar-tawar. Sebab jika tidak transparan, maka ditakutkan kemungkinan terjadi kerugian negara atau daerah.

'Kita sangat berharap aparat desa bisa mengelola ADD dan DD secara transparan, guna menghindari kerugian negara,' harap dia. (URIUTU DJAPER/B-11)

Berita Terbaru