Aplikasi Manajemen Relawan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Waduh, Ada Pejabat Pulang Pisau Absen di Hari Pertama Kerja!

  • Oleh James Donny
  • 03 Juli 2017 - 17:28 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo menemukan pejabat satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) yang tidak ngantor alias absen di hari pertama kerja. "Yang tidak hadir ini tentunya akan kita akumulasi dan melihat keterangannya serta apa alasannya sehingga tidak turun kerja," kata Edy Pratowo, saat sidak ke sejumlah kantor SOPD di lingkup Pemkab Pulang Pisau, Senin (3/7/2017).

Jika kehadiran dari pejabat tersebut tanpa keterangan, kata Edy, maka ada sanksi yang akan diberikan. "Sanksi sesuai ketentuan, karena ini sangat memengaruhi kinerja dan kapasitasnya sebagai pimpinan," ujar Edy.

Menurutnya, kepala SOPD sudah seharusnya memberikan contoh yang baik kepada semua perangkat yang ada di bawahnya. "Bagaimana memberikan contoh yang baik, dan sebagaimana kita ketahui ketidakhadirannya seorang kepala SOPD sangat memengaruhi," katanya.

Hasil sidak yang dilakukan, menurut Edy, sebagian besar SOPD yang didatangi untuk kehadiran pada hari pertama kerja cukup bagus. "Memang ada yang izin karena ada keluarganya yang meninggal dan kita memaklumi, tapi yang tanpa keterangan perlu kita pertanyakan, apalagi menambah libur," terangnya.

Menurutnya, Pemerintah Pusat melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (MenPAN) sudah menyampaikan tidak ada alasan untuk menambah libur. "Kajian kita dalam tinjauan ini kita melaksanakan ketentuannya mulai teguran dan sanksinya," pungkasnya.

Dalam sidak tersebut, Bupati didampingi Plt Sekretaris Daerah Saripudin, Kepala Inspektorat Sapri Junjung dan Kepala Dinas Perhubungan Jhon Oktoberiman. (JAMES DONNY/B-2)

Berita Terbaru