Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DKPP Sukamara Usulkan Excavator Mini untuk Pembukaan Lahan Pertanian

  • Oleh Norhasanah
  • 03 Juli 2017 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sukamara mengusulkan pengadaan excavator mini untuk petani dalam mengolah lahan pertanian. Hal itu berkaitan dengan dampak larangan membakar lahan yang menyebabkan petani kesulitan membuka lahan.

"Usulan tersebut kita masukkan dalam anggaran APBN tahun 2018 mendatang. Semoga nantinya bisa terealisasi," kata Kepala DKPP Sukamara, Irlan Kodriansyah, Senin (3/7/2017).

Menurut dia, melalui pengadaan excavator mini maka petani akan lebih terbantu dalam mengelola lahan pertanian. Apalagi saat ini lahan pertanian masih banyak kayu besar yang sulit dibuang.

"Harapan kita petani bisa kembali bergairah lagi untuk menanam padi. Karena kita tahu adanya larangan membakar membuat produksi padi sedikit menurun dari sebelumnya." tuturnya.

Irlan berpesan, dengan adanya excavator mini tersebut maka masyarakat bisa memanfaatkannya sebaik mungkin untuk meningkatkan sektor pertanian.

"Ini adalah salah satu cara kita dalam mengubah pola petani untuk menghilangkan kebiasaan membuka lahan dengan cara dibakar," kata dia. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru