Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Abrasi Ancam Fasilitas dan Keindahan Pantai Ujung Pandaran

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 03 Juli 2017 - 21:52 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Abrasi di Pantai Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) perlu perhatian dan penanganan serius. Karena hingga saat ini kondisinya sudah semakin parah, bahkan dikhawatirkan akan merusak aset dan keindahan pantai.

"Abrasi akibat kuatnya gelombang laut Jawa menimbulkan dampak yang makin parah terhadap kondisi Pantai Ujung Pandaran. Bahkan sejumlah rumah yang berada di pesisir pantai juga telah dibongkar akibat tergerus abrasi," kata penjabat Kades Ujung Pandaran, Muslih.

Meski siring permanen penahan gelombang dan bangunan pemecah ombak alternatif telah dibangun, namun belum sepenuhnya melindungi kawasan pantai dari abrasi. Jika hal tersebut tidak segera ditangani, maka tidak menutup kemungkinan keindahan pantai serta aset yang ada terletak di wilayah selatan Kotimtersebut akan rusak. Bahkan terbelah antara yang satu dengan yang alinnya.

Muslih berharap pemerintah kabupaten maupun Pemprov  Kalimantan Tengah dapat segera mengatasi permasalahan abrasi di pantai tersebut.

Dia juga menagih janji pemerintah pusat untuk membangun sabuk pantai sepanjang 4 kilometer guna mencegah abrasi semakin parah, yang hingga kini belum juga terealisasi. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru