Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bandar Lampung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Kesehatan Kapuas Segera Jalankan Program Gerbang Bebas

  • Oleh Hamdi
  • 04 Juli 2017 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas segera merealisasikan program Gerbang Bebas atau Gerakan Membangun Belum Barasih Barigas yang berarti gerakan membangun hidup bersih dan sehat.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Apendi mengungkapkan, program Gerbang Bebas bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Sebab selama ini yang diperhatikan adalah yang sakit saja.

'Sekarang orang yang sehat pun seharusnya dijaga kesehatannya, sehingga harus dipantau setiap saat. Ini agar yang sehat bisa mencegah dan tidak jatuh sakit,' katanya, Selasa (4/7/2017)

Selain itu, program tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kinerja petugas kesehatan yang sedang menjalani kontrak dan yang belum mengetahui tanggung jawabnya.

'Kalau terapan saya ini sudah berjalan, nantinya saya akan melakukan pengecekan di desa ke satu per satu petugas kesehatan kontrak. Mereka harus punya tanggung jawab masing-masing,' katanya.

Dalam program ini, satu petugas kesehatan tenaga kontrak harus membina dengan memeriksa kesehatan sebanyak 50 keluarga di satu desa.

'Mengapa petugas kesehatan tenaga kontrak harus melakukan hal itu Karena agar lebih aktif dalam menjalankan tugas sebagai petugas kesehatan. Jangan lebih banyak diam. Ilmu yang mereka dapat selama menjadi mahasiswa kesehatan diharapkan bisa diterapkan maksimal di lapangan,' sebutnya.

Lantas, kapan program Gerbang Bebas ini dilaksakan 'Kemungkinan pada medio Agustus 2017. Ini merupakan ide saya dan mudah-mudahan bisa diterapkan,' pungkasnya. (HAMDI/B-3)

Berita Terbaru