Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Palu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DKPP Sukamara Terapkan Sistem Tanam Hazton

  • Oleh Norhasanah
  • 05 Juli 2017 - 11:10 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sukamara akan menerapkan sistem tanam hazton kepada petani padi sebagai upaya meningkatkan kualitas hasil mereka.

"Rencananya kita akan menerapkan sistem hazton kepada para petani kita," kata Kepala DKPP Sukamara, Irlam Kodriansyah, Rabu (5/7/2017).

Menurut Irlan, untuk menerapkan program tersebut pihaknya memang harus lebih banyak menggelar sosialiasi kepada masyarakat petani serta memberikan pembelajaran bagaimana cara menerapkan sistem tersebut agar bisa menghasilkan kualitas padi yang baik.

"Saat ini hanya ada beberapa petani yang baru mulai menerapkan sistem tersebut, dan itu terus kita arahkan agar bisa berhasil dan menjadi contoh bagi petani lainnya agar mau mengikuti cara tersebut," tuturnya.

Irlan mengatakan, menarik minat petani agar ingin mengubah pola taman yang dilakukan saat ini memang membutuhkan bukti keberhasilan dari sistem taman yang akan diterapkan, sehingga pihaknya melakukan percobaan dengan menanam beberapa hektar lahan dengan sistem haston untuk membuktikan bahwa cara tersebut lebih efektif untuk menghasilkan gabah yang lebih banyak.

"Harapan kita semoga sistem yang rencananya akan kita terapkan kepada petani kita bisa diterima para petani, sehingga pola tanaman kita bisa lebih mudah dan praktis," ujarnya. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru