Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Keuntungan Sistem Tanam Hazton

  • Oleh Norhasanah
  • 05 Juli 2017 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sukamara Irlan Kodriansyah mengatakan, sistem tanam hazton yang akan diterapkan kepada petani memiliki beberapa keuntungan yang bisa memudahkan pekerjaan. 

"Memang dalam sistem ini ada terdapat kelebihan dan kekurangan, namun apabila diterapkan akan banyak memberikan keuntungan bagi petani," kata Irlan Kodriansyah, Rabu (5/7/2017).

Keuntungan itu, yakni berkurangnya waktu dan tenaga yang dikeluarkan, di mana sistem ini tidak membutuhkan penyiangan lahan sehingga bisa menghebat biaya dan tenaga para petani. 

"Benih padi yang ditanam dengan sistem hazton tidak perlu dibuang akarnya seperti cara-cara sebelumnya, selain itu saat dipindahkan ke lahan tanaman tidak mengalami stres dan tumbuhnya pun akan lebih cepat sehingga tidak kalah dengan rumput yang juga tumbuh dilahan," tuturnya. 

Lanjutnya,  tujuan dari teknik yang akan diterapkan tersebut adalah untuk menjadikan tanaman lebih produktif dengan cara mengurangi anakan padi, sehingga nantinya proses panen bisa dilakukan hanya satu kali saja.

 

"Namun, untuk sistem ini kekurangannya adalah terlalu banyak menggunakan benih, yang biasanya petani hanya mengeluarkan 25 kg benih dalam satu hektare kini bisa menjadi 100 kg dalam satu hektarenya. Namun nantinya saat panen pun hasilnya juga akan banyak," ujar Kodriansyah. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru