Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mandailing Natal Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banyak Kepala Desa Belum Laporkan SPj ADD dan DD

  • 05 Juli 2017 - 18:30 WIB

BORNEO NEWS, Kuala Kapuas - Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) triwulan II 2017 terancam tidak bisa dicairkan pada Oktober mendatang. Penyebabnya, kepala desa terlambat dalam menyelesaikan Surat Pertanggungjawaban(SPj) penggunaan ADD dan DD tahap I.

"Seharusnya SPj laporan pengunaan ADD dan DD sudah di laporkan Juli ini. Tetapi sampai saat ini baru sebagian dari 214 desa yang melaporkan)," kata staf Bidang Pemerintahan Desa dan Kelurahan pada Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kapuas, Yeri Wartin Babo, Rabu (5/7/2017).

Saat ini, lanjut Yeri Wartin, untuk ADD baru tujuh desa yang menyampaikan laporan. Sedangkan DD masih ada 54 desa yang terkendala SPj. Kebanyakan desa yang terlambat melaporkan ialah desa pasang surut.

"Seharusnya sudah masuk Juli 2017 ini, namun sampai sekarang belum masuk laporan SPj dari kepala desa. Bagaimana mau dicairkan anggaran tahap dua kalau seluruhnya belum rampung."

Yeri Wartin mengakui, menduga terlambatnya penyerahan SPj disebabkan minimnya sumber daya manusia (SDM) di desa. 

"Seharusnya pencairan tahap dua pada Oktober nanti, kalau sudah rampung. Tetapi sampai saat ini belum ada laporan dari pihak desa. Makanya kita mengimbau kepala desa yang belum melaporkan SPj segera dimasukan bulan Juli ini agar proses pencairan tahap dua bisa diurus ke kementerian," ucapnya. (DJIMMY NAPOLEON/B-3)

Berita Terbaru