Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

42 Warga Ikuti Pelatihan Teknis Produksi Benih di Kapuas

  • 06 Juli 2017 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Sebanyak 42 peserta pelatihan teknis produksi benih tanaman pangan serta penguatan kapasitas kelompok Kalimantan Tengah tahun 2017 pada, Kamis (6/72017) melaksanakan kegiatan praktek lapangan di Kabupaten Kapuas. 

"Tujuan yang ingin dicapai dalam pelatihan ini untuk meningkatkan kapasitas kelompok penangkar benih tanaman pangan," kata Kepala Bidang Produksi Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kapuas, Jarwadi.

Dengan menggunakan dua bus DAMRI, rombongan peserta pelatihan tiba di Kapuas sekitar pukul 07.30 WIB dan langsung menuju ke Dinas Pertanian Kapuas untuk melakukan persiapan ke lokasi praktek.

 

Adapun kegiatan yang diikuti di Kapuas yaitu praktek teknik budidaya, praktek teknik pemeliharaan dan pengawasan pertanaman di lapangan, praktek panen dan prosesing benih, praktek sertifikasi benih dan tugas kelompok. 

"Sebagaimana diketahui pencapaian sasaran produksi padi Kalimantan Tengah tahun ini sebanyak 1 juta ton. Untuk mencapai sasaran ini memerlukan upaya konkrit yaitu salah satunya adalah peningkatan produktifitas,"ungkapnya.

Jarwadi menjelaskan berdasarkan pengalaman empiris, peningkatan produktifitas dan kualitas hasil tanaman sangat dipengaruhi oleh kualitas benih yang digunakan petani.

Maka dari itu sebagaimana yang tertuang dalam RPJMN 2015-2019 kegiatan 1.000 desa mandiri benih merupakan salah satu kegiatan yang diharapkan dapat mendukung pencapaian sasaran produksi dan merupakan salah satu upaya pemecahan masalah dari aspek perbenihan. (DJIMMI NAPOLEON/B-6)

Berita Terbaru