Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Maros Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DKPP Barito Utara Diminta Tingkatkan Produksi Benih Ikan

  • Oleh Ramadani
  • 08 Juli 2017 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Barito Utara (Barut) diminta meningkatkan produksi benih ikan.

Berdasarkan hasil aspirasi DPRD Barut sewaktu reses, kebutuhan benih ikan di kabupaten ini masih tergantung dari wilayah Kalsel atau Kabupaten tetangga.

Karena itu anggota DPRD Barut Helma Nuari Fernando mengatakan, hendaknya masalah benih ikan DKPP dapat lebih meningkatkan produksinya sehingga kebutuhan benih dapat terpenuhi.

'Dulu untuk Balai Benih Ikan yang dimiliki Dinas Perikanan di Terinsing dan Lahei memproduksi banyak benih, tapi sekarang tampaknya menurun sebab banyak petani yang untuk memenuhi kebutuhan benih ikan untuk di budidayakan, membeli atau memesan dari wilayah Kalsel,' ujar Helma Nuari Fernando, Sabtu (8/7/2017).

Menurutnya, dengan DKPP meningkatkan produksi benih ikan, maka akan sangat membantu perkonomian para petani ikan di daerah ini. Sebab kalau benih ikan didatangkan dari daerah Kalsel tentu untuk pengantarannya memerlukan biaya transportasi, sehingga harga benih ikan yang dijual juga menyesuaikan dengan biaya itu.

Namun, lanjut dia, jika DPKK bisa mencukupi kebutuhan benih ikan di daerah ini, maka harga jual benih ikan juga bisa lebih murah dari daerah Kalsel, sebab tidak menggunakan ongkos transportasi.

'Harapan kita ini DKPP bisa meningakatkan produksi serta menjaga kualitas benih yang dihasilkan, agar daerah kita bisa mandiri atau tidak tergantung lagi benih ikan dari luar daerah,' tandasnya. (RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru