Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SD Negeri 1 Raja Seberang Pelopori Pengembalian Kelebihan Uang Seragam

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 10 Juli 2017 - 11:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kebijakan pihak SD Negeri 1 Raja Seberang, mengembalikan kelebihan uang seragam sekolah kepada orangtua patut diapresiasi. Sekolah setingkat dasar di bantaran Sungai Arut, Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat (Kobar) ini mampu menjadi pelopor dan menjadi contoh bagi sekolah lain.

Menurut Kepala SD Negeri 1 Raja Seberang, Sunaryadi kelebihan biaya seragam sekolah dikembalikan penuh kepada orang tua murid, orang tua hanya berkewajiban menebus seragam sekolah sesuai dengan harga dari konveksi.

Ia menjelaskan bahwa awalnya pihak sekolah memprediksi biaya menebus empat stel seragam sekolah yang terdiri dari seragam batik, dua stel pakaian olahraga, serta baju pramuka untuk kategori laki-laki sebesar Rp675 ribu dan perempuan Rp700 ribu.

Namun, setelah dicocokan dengan harga di konveksi ada penyusutan sebesar Rp100 ribu untuk masing-masing kategori. Sehingga orang tua hanya menebus Rp575 bagi laki-laki dan murid perempuan Rp600 ribu.

"Kelebihan uang seragam sekolah kita kembalikan penuh kepada para orang tua sebesar Rp100 ribu," kata Sunaryadi, Senin (10/7/2017).

Terkait seragam pramuka, pihak sekolah terlebih dahulu menawarkan kepada orang tua murid, apakah orang tua membeli sendiri atau pihak sekolah membelikan langsung sekaligus dengan pakaian olahraga dan batik. Karena tidak ada perbedaan harga yang ditawarkan pihak sekolah dengan harga dari konveksi orang tua memilih untuk menebus dari sekolah

"Karena harganya sama saja dengan di pasaran kita serahkan kepada pihak sekolah untuk seragam pramuka, jujur kami apresiasi pihak sekolah yang mengembalikan kelebihan uang seragam kepada kami, ini langkah yang bagus," cetus Sriyati, salah satu orang tua murid kepada Borneonews. (KOKO SULISTYO/B-5)

Berita Terbaru