Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wakatobi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Tantangan Utama Dalam Upaya Peningkatan Produksi Pangan di Gunung Mas

  • 10 Juli 2017 - 15:08 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kavupaten Gunung Mas, Kardinal mengatakan tantangan utama yang dihadapi untuk meningkatan produksi tanaman pangan di daerahnya harus disesuaikan dengan peningkatan jumlah penduduk.

"Kedua, terbatasnya ketersediaan beras dan kecenderungan meningkatnya harga pangan," ungkap Kardinal di sela penanaman perdana musim tanam periode April-September 2017 di Sakata Juri, Kuala Kurun, Senin (10/7/2017).

Selain itu masalah lainnya meningkatnya kerusakan lingkungan dan perubahan iklim global serta terbatanya ketersediaan insfrastruktur. Lalu belum optimalnya sistem pembenihan dan terbatasnya akses petani terhadap permodalan.

"Selanjutnya masih lemahnya kapasitas kelembagaan petani dan penyuluh serta meningkatnya alih fungsi lahan pertanian ke penggunaan non pertanian," terangnya.

Menurut Kardinal, kegiatan tanam perdana padi sawah musim tanam Asep 2017 yang melibatkan peran serta masyarakat diharapkan masyarakat turut serta dalam program pemerintah bidang pangan, khusunya dalam mensukseskan program swasembada pangan. (EPRA SENTOSA/B-6)

Berita Terbaru