Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pangandaran Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

430 Ribu Data Kependudukan Disdukcapil Kotim Bermasalah

  • Oleh Noor Annisa
  • 10 Juli 2017 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kotawaringin Timur (Kotim) melakukan pengecekan dan menemukan sebanyak 430 ribu data kependudukan di kabupaten ini yang bermasalah. 

Hal tersebut disampaikan Kepala Disdukcapil Kotim Marjuki. Dirinya mengatakan ratusan data penduduk tersebut bermasalah salah satunya karena apabila terjadi perubahan pada data diri, masyarakat tidak melaporkan. Hal itu seperti ditemukannya data satu orang penduduk namun memiliki identitas lebih dari satu  atau memililiki data lain di luar Disdukcapil Kabupaten Kotim.

"Beberapa penduduk ada yang datanya ganda dan anomali, artinya banyak penduduk kita yang namanya ada tapi alamatnya tidak ada, atau penduduk yang tidak aktif satu sampai dua tahun,"sebutnya, di Sampit, Senin (10/7/2017).

Selain itu, Marjuki mengatakan juga banyak ditemukan penduduk yang jika dilihat dari datanya sudah berumur seratus tahun, namun ketika dicek, yang bersangkutan sudah meninggal dunia tetapi masih terdaftar sebagai penduduk di Disdukcapil.

"Banyak juga data yang tidak dilaporkan, pada database warga yang jika duhitung umurnya sudah sampai 100 dan setelah dikonfirmasi ternyata sudah meninggal," katanya.

Untuk itu, dirinya mengimbau agar pihak desa bisa melakukan pendataan terhadap warga yang ada di wilayahnya dan melaporkan kepada pihak Disdukcapil. Misalnya, melakukan pendataan ketika ada warga yang meninggal atau jika terdapat warga baru sebagai pendatang. (NOOR ANNISA/B-5)

Berita Terbaru