Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polri Harus Menjaga Soliditas Internal dan Bertindak Profesional

  • Oleh Ramadani
  • 10 Juli 2017 - 20:16 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' Kapolres Barito Utara AKBP Tato Pamungkas Suyono mengatakan Polri harus terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Untuk itu, Polri harus menjaga soliditas internal dan bertindak profesional.

Pesan itu disampaikan AKBP Tato Pamungkas saat membacakan sambutan Presiden Joko Widodo pada upacara peringatan HUT ke-71 Bhayangkara di Polres Barito Utara, Senin (10/7/2017).

Ia mengatakan, fenomena globalisasi, demokratisasi, dan kemajuan teknologi informasi, pasti memengaruhi situasi keamanan dan ketertiban masyarakat. Seperti meningkatnya kejahatan transnasional, khususnya terorisme yang menjadi benalu bagi persatuan dan kesatuan bangsa.

'Terorisme telah menelan banyak korban tidak berdosa, termasuk anak balita, anak kita, yang bernama Intan di Samarinda, Kaltim. Terorisme juga telah memakan korban insan-insan Polri seperti kasus ledakan bom di Sarinah dan Kampung Melayu, Jakarta,' ucapnya.

Selain terorisme, perdagangan narkoba, perdagangan manusia, penyelundupan senjata, dan kejahatan siber juga merusak dan mengancam masa depan bangsa Indonesia. 'Karena itu mereka harus dikejar dan dihancurkan.'

Potensi konflik horizontal dan vertikal dengan isu primordial, seperti masalah suku, agama, dan ras atau keturunan juga meningkat. Sehingga Polri perlu melakukan langkah antisipasi dini agar situasi kamtibmas tetap stabil serta energi bangsa tidak habis untuk hal-hal yang tidak produktif seperti ujaran kebencian, fitnah, dan provokasi.

Polri juga perlu mempersiapkan diri untuk mengamankan pilkada serentak 2018, pemilu legislatif serta pilpres 2019. Supaya potensi kerawanan yang ada tidak berkembang menjadi konflik sosial yang meluas. (RAMDHANI/B-3)

Berita Terbaru