Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Humbang Hasundutan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPJS Kesehatan Sediakan Jaminan Deteksi Dini Kanker Serviks

  • Oleh Testi Priscilla
  • 13 Juli 2017 - 21:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Untuk menekan prevalensi kanker serviks pada peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya menyediakan layanan deteksi dini kanker serviks bagi perempuan usia produktif.

"Layanan pemeriksaan IVA/papsmear ini dapat dijamin oleh BPJS Kesehatan, sehingga peserta JKN-KIS tidak perlu khawatir dengan biayanya. Jika setelah diperiksa dan peserta memerlukan penanganan lebih lanjut, akan dirujuk sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku. Sebagai informasi, kanker serviks tidak menimbulkan gejala dan sulit terdeteksi pada stadium awal. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan skrining kesehatan melalui layanan kesehatan deteksi dini yang disediakan BPJS Kesehatan," ungkap Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya Dwi Setiyawan dalam rilisnya yang diterima Borneonews, Kamis (13/07/2017).

Ia menyebutkan, kanker serviks umumnya baru terdeteksi ketika sudah stadium lanjut. Di mana proses pengobatan yang harus dilakukan menjadi lebih sulit dan biayanya lebih mahal. Namun, bila dibandingkan dengan jenis kanker lainnya, serviks sebetulnya paling mudah dicegah dan dideteksi. Caranya dengan melakukan deteksi dini dan vaksinasi.

"Oleh karena itu, diimbau kepada seluruh peserta JKN-KIS untuk mendeteksi dini kanker leher rahim melalui IVA dan papsmear. Pemeriksaan IVA/papsmear merupakan metode pemeriksaan sederhana yang memiliki tingkat akurasi tinggi, aman, serta nyaman bagi pasien," tambahnya.

Hingga Mei 2017, program deteksi dini kanker serviks BPJS Kesehatan dengan metode IVA telah berhasil menjangkau 101.097 peserta. Sementara papsmear telah menjangkau 93.263 peserta.

Kegiatan itu menurutnya dilaksanakan khusus dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-49 BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan juga akan menyelenggarakan bulan deteksi dini kanker serviks bagi peserta JKN-KIS, termasuk di Palangka Raya.

"Dalam rangka dukungan BPJS Kesehatan terhadap Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang fokus pada upaya promotif preventif terutama terhadap peserta JKN-KIS, mulai 13 Juli hingga 31Juli 2017 akan diadakan bulan deteksi dini kanker serviks," pungkasnya. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru