Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perintah Gubernur: Lacak Keberadaan Seluruh Aset Daerah

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 14 Juli 2017 - 11:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran meminta semua kepala daerah di Bumi Tambun Bungai ini, termasuk kepala dinas atau badan lingkup pemerintah provinsi memetakan kepemilikan aset daerah.

Tidak hanya mendata, tapi disuruh melacak keberadaan aset milik pemerintah. Tujuannya menelusuri kepemilikan aset itu baik milik pemerintah kabupaten/kota ataukah Pemprov Kalteng. Penegasan ini disampaikan gubernur saat dikonfirmasi Borneonews.co.id, Jumat (14/7/2017).

'Seluruh aset Pemprov Kalteng agar didata dan dilacak keberadaannya dan kepemilikannya sejak sekarang,' ujar Gubernur Sugianto menginstruksikan.

Instruksi ini disampaikan gubernur, karena banyak sekali aset milik pemerintah yang tidak terurus. Akibatnya, banyak yang dikuasai oleh perorangan atau kelompok, bahkan ada yang tidak jelas alias raib entah kemana.

Kedua yang menjadi catatan gubernur, persoalan aset selalu menjadi ganjalan saat dilakukan audit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Tidak banyak entitas pemerintah kabupaten, kota, atau provinsi lolos mulus dari peliknya pencatatan aset daerah ini. Selalu saja ada temuan dan rekomendasi dari BPK. (ROZIQIN/B-6)

Berita Terbaru