Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Buru Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Panitia Pilkades Harus Mampu Menekan Konflik

  • Oleh Naco
  • 14 Juli 2017 - 16:32 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi I DPRD Kotawaringin Timur, Handoyo J Wibowo  mengingatkan panitia pelaksana pemilihan kepala desa (Pilkades) Serentak agar menyukseskan pesta demokrasi itu. Salah satunya dengan menekan potensi konflik.

"Upaya itu dilakukan bisa dengan menunjukan independensi dan netralitasnya. Jangan sampai mencederai pelaksanaan pilkades," kata Handoyo, Jumat (14/7/2017).

Jika itu dilakukan, dia yakin tidak akan menimbulkan kecurigaan apapun dari calon yang bisa membuat gejolak di tempat pelaksanaan pilkades.

Handoyo menambahkan, pelaksaannya tentu menjadi tugas dan tanggungjawab penyelenggara. Sukses tidaknya ini, peran besar ada pada penyelenggara kegiatan yakni panitia baik itu tingkat kabupaten maupun desa.

"Saya meminta panitia pelaksana harus berusaha semaksimal mungkin menekan potensi yang bisa menyebabkan konflik. Karena jangan sampai akibat keputusan penyelenggara yang salah menyebabkan kericuhan di masyarakat terutama antar pendukung," tegasnya.

Handoyo mengatakan, eskalasi pilkades serentak ini tidak menutup kemungkinan akan terjadi suasana yang kurang kondusif di desa yang melaksanakan. Jika panitianya tidak netral. Dan juga, pelaksanaan pilkades harus menerapkan apa yang tertuang dalam perda. (NACO/B-11)

Berita Terbaru