Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banggai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tiga Kecamatan di Kotim Belum Miliki Dokter

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 14 Juli 2017 - 20:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Hingga saat ini di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) masih kekurangan tenaga kesehatan, khususnya di wilayah-wilayah pelosok. Bahkan ada tiga kecamatan yang belum memiliki dokter, sehingga membuat pasien harus dirujuk ke kecamatan lain yang telah memiliki tenaga medis tersebut.

"Ada tiga kecamatan yang puskesmas-nya tidak memilik dokter hingga saat ini," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kotim Faisal Novendra Cahyanto, Jumat (14/7/2017).

Tiga puskesmas yang belum ada dokternya, yakni Antang Kalang, Tualan Hulu, dan Bukit Santuai.

Dengan keadaan tersebut, membuat pasien yang seharusnya bisa dirawat di puskesmas tersebut harus diruju ke pusekesmas kecamatan lain yang sudah memiliki dokter.

"Memang saat ini kami memperogramkan satu desa satu tenaga medis. Namun itu hanya bidan dan perawat saja. Untuk dokter satu kecamatan satu," kata Faisal.

Walaupun begitu, tetap saja masih kekurangan, sehingga untuk memenuhinya, Pemerintah Daerah (Pemda) melakukan rekrutmen tenaga kontrak untuk 12 farmasi dan hal tersebut masih berjalan.

Saat rekrutmen tenaga kesehatan yang dilakukan beberapa waktu lalu, farmasi dengan lokasi desa yang dekat dan aksesnya mudah banyak diminati pelamar. Hal itu berbanding terbalik dengan desa yang jauh dan sulit dijangkau.

Sehingga Dinkes Kotim akan mengajukan kenaikan insentif bagi tenaga kesehatan dan dokter yang bertugas di pelosok. Dengan demikian, keinginan untuk bertugas diwilayah pelosok dalam melayani masyarakat juga meningkat. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru