Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karimun Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Kalteng Belum Punya PPNS Lingkungan Hidup

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 14 Juli 2017 - 21:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kalimantan Tengah (Kalteng) Farizal Fitri berkeinginan kuat agar pengawasan lingkungan hidup bekerja dengan maksimal. Ini sesuai amanat Gubernur Sugianto Sabran yang ditujukan padanya. Namun kendala saat ini, justru sumber daya aparatur pengawasan tidak dimiliki institusi yang digawanginya.

'Adanya pelaksanaan fungsi pengawasan perlu aparatur, kemudian penguatan kapasitas (Capasity building) terhadap sumber daya manusia pengawasan. Tetapi nyatanya, kami tidak ada penyidik pegawai negeri sipil (PPNS) bidang lingkungan hidup ini,' ujar Fahrizal kepada Borneonews, Jumat (14/7/2017).

Fahrizal mengatakan, sasaran pengawasan adalah berjalannya program pembangunan baik dilakukan pemerintah maupun sektor swasta, termasuk eksploitasi sumber daya alam, agar terjadi keseimbangan. Artinya, program berjalan namun lingkungan tidak dikesampingkan.

Setidaknya, kata eks Kepala DLH Kotawaringin Barat ini, aparatur pengawasan berkualifikasi Pejabat Pengawas Lingkungan Hidup Daerah (PPLHD).

Meskipun PPLHD belum bisa sampai menindak kasus pelanggaran lingkungan hidup seperti yang bisa dilakukan PPNS.

'PPLHD saja kami tidak ada, apalagi malah PPNS. Namun di DLH Provinsi ini,ada beberapa personel yang berkualifikasi pengawas karena pernah mengikuti diklat. Ini yang kita berdayakan,' pungkasnya. (ROZIQIN/B-5)

Berita Terbaru