Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Katingan: Harus Ada Anggaran Khusus Dulu yang Masuk

  • Oleh Abdul Gofur
  • 14 Juli 2017 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Wacana pemindahan ibu kota RI ke Provinsi Kalimantan Tengah yang meliputi Palangka Raya, Gunung Mas dan Katingan, mendapat tanggapan Sekda Katingan Nikodemus, Jumat (14/7/2017).

"Kalaupun benar itu nanti sebagai sebuah kebijakan Nasional, kita siap dan menyambut baik," ujar Sekda Katingan Nikodemus sebelum menghadiri pembahasan raperda di gedung DPRD.

Namun, kata Sekda, ia meminta agar pemindahan itu tidak dilakukan sekarang. Pasalnya wilayah yang akan dijadikan Ibukota itu meliputi tiga daerah, Palangkaraya, Gumas dan Katingan.

"Harapan kita adalah anggaran khusus dulu untuk daerah, semacam DAK calon ibu kota, dan yang minta ini khusus Katingan tidak tahu yang lain (Palangka Raya dan Gumas)," katanya.

Sekda Nikodemus berharap dana itu digunakan untuk peningkatan kapasitas daerah, misalnya untuk memindahkan Institut Pertanian Bogor (IPB) ke Kalteng.

Sebab kata dia di Bogor tidak ada sawah dan lahan. "Sebab di sana sawah ladang sudah gak ada, lebih baik dipindah ke Kalimantan," ucapnya.

Universitas Indonesia (UI), kata Sekda juga bisa dipindah paling tidak ada cabangnya di Kalteng. Sehingga anak-anak Kalteng bisa mengikuti universitas itu sampai jenjang S3, dan itu dibiayai oleh negara.

Kemudian program-program kementerian juga agar segera masuk ke Kalteng, seperti BLK, industri rumah tangga dengan manusianya. Kemudian orang-orang yang memiliki kemampuan manajerial, home industri, mereka juga masuk ke Kalteng, sebab kemampuan orang-orang tersebut punya kapasitas mendorong masyarakat maju.

Selanjutnya BPTP juga masuk ke Kalteng, sebab mereka memiliki tenaga-tenaga doktor, itu juga dikirim ke Kalteng untuk menjadi penyuluh pertanian, penyuluh perikanan, perkebunan dan kehutanan.

"Mereka itu yang dikirim dulu, manusianya itu dengan anggarannya, ini khusus sisi SDM-nya," katanya.

Sejauh ini, kata Sekda, Pemda Katingan sudah menyiapkan 65 ribu hektare lahan guna persiapan pemindahan Ibukota ke Kalteng itu.

"Secara keseluruhan yang disiapkan sekitar 250 ribu hektar," imbuh Nikodemus. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru