Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Panitia Pilkades Harus Selektif dan Transparan

  • Oleh Hamdi
  • 15 Juli 2017 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas ' Panitia pemilihan kepala desa (pilkades) Wargo Mulyo, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Kapuas, diminta selektif dan transparan dalam menjalankan tugasnya.

Hal itu diungkapkan Kepala Desa Wargo Mulyo, Cahyono, Sabtu (15/7/2017).

Menurut dia, panitia Pilkades aga selektif dalam menetapkan bakal calon.

Semua, sebutnya, tetap harus mengacu pada aturan yang ada. Sebab jumlah bakal calon juga dibatasi maksimal 5 orang dan minimal 2 calon. Bila calon kurang dari dua orang, maka perlu dilakukan perpanjangan waktu pendaftaran. Kalau jumlah calon lebih dari lima orang, maka perlu dilakukan seleksi untuk menetapkan lima calon saja.

'Saya berharap panitia pilkades yang sudah ditetapkan dapat bekerja dengan transparan dan selektif dalam melakukan penjaringan balon,' ujar Cahyono.

Dikatakan, dalam melakukan seleksi calon panitia harus benar-benar jeli terkait mereka yang akan mendaftar. Misalnya saja dari informasi masyarakat calon tersebut memiliki moral yang kurang baik, itu dapat jadi pertimbangan panitia.

Kemudian soal pendidikkan, panitia juga harus jeli dalam menelitinya. 'Siapa tahu ada ijazah terindikasi palsu. Bila pantia kecolongan dalam hal itu tentu di kemudian hari akan ada persoalan baru yang timbul,' pungkasnya. (HAMDI/B-5)

Berita Terbaru