Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Terima Laporan Pembukaan Lahan Kebun Sawit 7.000 Hektare

  • Oleh Naco
  • 17 Juli 2017 - 13:18 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Di tengah tipisnya hutan di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) beredar kabar adanya pembukaan lahan kebun sawit secara besar-besaran di wilayah Kecamatan Antang Kalang. Bahkan pembukaan lahan itu sudah sampai laporannya ke DPRD setempat.

"Kami sudah terima laporan pembukaan lahan itu di tengah Kotim mengalami ketersediaan hutan yang semakin menipis," kata ketua Komisi I DPRD Kotim, Handoyo J Wibowo, Senin (17/7/2017).

Menurut Handoyo, dari laporan yang diterima pembukaan lahan itu dalam tahap pembebasan dengan masyarakat. Dari itu pemerintah daerah diminta mengecek hal tersebut.

Karena, menurut Handoyo, pembebasan lahan tersebut berkedok koperasi, dari itu perlu dicek kebenarannya, karena kalau tidak diawasi dikhawatirkan akan disalahgunakan oleh perusahaan untuk meraup keuntungan pribadi.

"Karena pembebasan lahan dengan modus koperasi ini sudah banyak terjadi, dari itu perlu diantisipasi," kata Handoyo.

Di Kotim menurut Handoyo data sisa kawasan hutan hanya tersisa sekitar 25 persen saja, idealnya harus 40 persen dari seluruh total luasan lahan "Itupun 25 persen sudah kritis, dari itu kami sangat tidak sepakat ada pembukaan lahan," tukasnya.

Karena dikhawatirkan akan berdampak buruk kedepannya terhadap perkembangan Kotim. "Kami saat ini tengah mengumpulkan data-data untuk turun ke lapangan," tandas Handoyo. (NACO/B-5)

Berita Terbaru