Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bintan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ayah dan Anak Korban Kapal Tenggelam Nekat Berenang 32 Mil Untuk Cari Pertolongan

  • Oleh Parnen
  • 17 Juli 2017 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Dua korban selamat kapal tenggelam yang berhasil dievakuasi petugas ke daratan, Senin (17/7/2017) pagi, yakni M Khairudin, 43, (nahkoda) dan anaknya Safrul Gunawan,18, (ABK), harus berenang sejauh 32 mil menggunakan bantuan pelampung untuk bertahan hidup.

Keputusan nekat itu mereka ambil setelah memastikan KM Karya Bersama yang mereka tumpangi akan segera tenggelam.

Kapolres Seruyan AKBP Nandang Mukmin Wijaya yang turut mendampingi kedua korban saat dirujuk ke RSUD Kuala Pembuang, menuturkan perjuangan Khairudin dan Safrul untuk tetap hidup sangat luar biasa.

"Penuturan nahkoda, mereka selamat setelah berhasil berenang dengan mengenakan pelampung sejauh 32 mil dari titik lokasi tenggelamnya kapal. Dan saya salut atas perjuangan yang dilakukan keduanya," tutur Kapolres.

Sementara itu, Khairudin menuturkan bahwa keputusan berenang sejauh itu datang dari anaknya. Sang anak mengaku melihat cahaya lampu di tengah lautan dan berharap mendapatkan pertolongan.

"Saya dan anak saat berenang posisi pelampung saling ikat agar tidak terpisah saat mengambang di lautan. Tidak lupa, bahan makanan seperti mi instan turut dibawa dan ditaruh dalam karung. Cuma itu satu-satunya cara kami untuk bisa menyelamatkan diri," turutnya. (PARNEN/B-3)

Berita Terbaru