Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanah Datar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ancaman Abrasi Bisa Jadikan Pantai Ujung Pandaran Tersisa Kenangan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 17 Juli 2017 - 21:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Abrasi di objek wisata Pantai Ujung Pandaran, Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) kian mengkhawatirkan. Bahkan, jika tidak ditangani serius, pantai kebanggaan Kotim itu dikhawatirkan akan tersisa kenangan saja nantinya.

"Kuatnya hantaman ombak Laut Jawa semakin mengikis Pantai Ujung Pandaran ini. Bahkan aset wisata seperti Gazebo yang dulunya dibangun sudah mulai habis akibat abrasi tersebut," ujar Dodi Badarudin, salah satu warga yang berkunjung ke sana, Senin (17/7/2017).

Kondisi Pantai Ujung Pandaran sendiri saat ini sangat menipis. Tepi pantai sudah sangat mendekati dengan jalan yang berada di daerah tersebut.

Hal itu itupun sangat dikhawatirkan masyarakat, karena Pantai Ujung Pandaran merupakan objek wisata kebanggaan Kotim yang makin diminati wisatawan. Pengunjung yang datang bahkan berasal dari kabupaten dan kota lain di Kalimantan Tengah (Kalteng) .

Kalau tidak cepat ditangani tahun ini, warga setempat memprediksi dampak abrasi akan menghancurkan jalan, rumah betang dan fasilitas wisata lainnya yang dibangun pemerintah di kawasan itu.

"Saat ini abrasi terus terjadi. Kalau tidak segera dibuat sabuk pantai, maka bukan tidak mungkin Pantai Ujung Pandaran ini tertutup air," terang penjabat (Pj) Kades Ujung Pandaran, Muslih. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 

Berita Terbaru