Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PSI Katingan Siap Diverifikasi KPU

  • Oleh Abdul Gofur
  • 18 Juli 2017 - 07:36 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kabupaten Katingan mengaku siap diveridikasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Mereka optimistis partai ini lolos dalam verifikasi sehingga menjadi kontestan di pemilihan umum legislatif (Pileg) tahun 2019 nanti.

Demikian mengemuka saat pengurus DPD PSI Katingan melakukan pertemuan dengan pihak KPU Katingan di rumah pintar pemilu, Kaleka Penyang Demokrasi, Senin (17/7).

Ketua DPD PSI Kabupaten Katingan, Supri menuturkan, selaku partai baru pihaknya bertekad untuk menjadi salah satu parpol peserta pemilu terutama untuk pileg 2019 mendatang.

"Kita hari ini datang ke KPU untuk bersilaturahmi sekaligus konsultasi mengenai persyaratan, serta persiapan parpol menghadapi verifikasi parpol," kata Supri.

Menurut Supri yang akrab disapa Bucun ini, secara umum partainya sudah mempersiapkan berbagai persyaratan, salah satunya telah membentuk kepengurusan serta kesekretariatan di tingkat kecamatan dan berbagai syarat lainnya.

Di Katingan, ujarnta sudah ada delapan dari 13 pengurus partai tingkat kecamatan atau sudah terpenuhi 50 + 1. Artinya, secara garis besar DPD PSI Katingan siap diverifikasi oleh KPU.

Ketua KPU Katingan Sapta Tjita mengatakan jika pihaknya sudah memikiki sistem informasi partai politik (Sipol). Aplikasi tersebut merupakan suatu sistem yang bertujuan memudahkan kesiapan parpol dalam menghadapi pemilu.

Menurut Sapta KPU Katingan sudah memberikan ruang kepada seluruh parpol, baik yang baru maupun yang lama agar mempersiapkan verifikasi parpol.

"Yang jelas peserta pemilu wajib lulus serangkaian uji verifikasi oleh KPU. Berbagai persyaratan itu semuanya bersifat yuridis, contohnya parpol telah berbadan hukum dari Kemenkumham, jumlah pengurus perempuan sekurangnya 30 persen, memilik struktur organisasi yang jelas, dan sarat lainnya," katanya. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru