Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gunung Kidul Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Visi Maritim Indonesia harus Jadi Perhatian Asean

  • Oleh Nazir Amin
  • 18 Juli 2017 - 17:32 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Visi maritim Indonesia di dalam negeri, seperti program tol laut harus menjadi perhatian negara-negara Asean. Sebab, visi tersebut berhubungan dengan geopolitik regional terlebih soal keamanan regional. Hal tersebut akan berimplikasi pada hubungan dagang antara negara-negara di ASEAN yang aman dan saling menguntungkan.

'Beberapa kali nelayan dan nakhoda beserta awak kapalnya disandera di Filipina oleh kelompok radikal. Ini harus menjadi isu yang terus digaungkan supaya visi maritim ini juga menjadi agenda negara-negara di Asean,' kata anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP), Hamdhani kepada pers, di sela pembukaan Asean Inter-Parlementary Assembly (AIPA) Caucus Meeting, yang digelar di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (18/7/2017).

Hamdhani, anggota DPR RI asal daerah pemilihan Kalimantan Tengah, menyebutkan, Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah Asean Inter-Parlementary Assembly (AIPA) Caucus Meeting. Sebanyak 10 negara turut hadir dalam sidang ke 9 AIPA Caucus Meeting ini. Tema keamanan maritim dan resolusi perdamaian dipilih oleh DPR RI karena mencerminkan visi misi Indonesia yang mempunyai visi menjadi poros dunia.

Menurut Hamdhani, bukan hanya soal keamanan, visi maritim ini juga berkaitan dengan pencapaian Sustainable Development Goal's (SDG's) yakni conserve and sustainably use the ocean and marine resources for sustainable development. Menurut anggota Komisi IV DPR RI itu, negara-negara di ASEAN terhubung dengan laut sehingga isu konservasi untuk keberlangsungan ragam hayati perlu menjadi isu bersama.

Rencananya, dalam beberapa pleno grup kerja AIPA Caucus Meeting nanti akan menghadirkan pemerintah untuk memaparkan visi maritim tersebut. Hamdhani berharap AIPA akan menjadi forum dialog mengenai keamanan maritim dan upaya perdamaian dan penyelesaian konflik.

Seperti diketahui, AIPA Caucus merupakan forum resmi yang dibentuk pada Sidang Umum Ke-29 AIPA di Singapura. Pembentukan ini berdasarkan Resolusi AIPA Caucus sebagai mekanisme memantau tindak lanjut Resolusi AIPA di Singapura. (RO/*/N).

Berita Terbaru