Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdik Prioritaskan Pengadaan Meubelair SDN 4 Saka Mangkahai

  • 18 Juli 2017 - 20:46 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Terkait dengan pemberitaan tentang siswa SDN 4 Saka Mangkahai yang harus belajar di lantai akibat tidak mempunyai meubelair, Dinas Pendidikan (Disdik) Kapuas membantah jika itu akibat ketidaktahuan dinas.

Hal itu ditegaskan Plt Kepala Disdik Kabupaten Kapuas Ilham Anwar melalui Kabid Pembinaan Sekolah Dasar M Hasan di ruang kerjanya, Selasa (18/7/2017). 'Saya akan segera melakukan kunjungan ke sekolah tersebut sekaligus akan melakukan pendataan dan kalau memang itu sangat urgen kita akan usulkan untuk pengadaan meubelair di sekolah tersebut, akan menjadi prioritas atau akan dianggarkan melalui ABT (APBD-P),' tegas dia.

Ia menjelaskan sekolah melakukan kesalahan pelaporan saat menyampaikan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Bidang Sarana dan Prasarana. Sehingga, realiasi pengadaan meubelair tersebut tertunda. "Meski begitu untuk tahun 2018 mendatang, melihat dengan kondisi yang ada, Disdik akan prioritaskan sekolah tersebut untuk dapat bantuan pengadaanya," tegas dia.

Sebenarnya, lanjut dia, pihak SDN 4 Saka Mangkahai memang sudah mengusulkan namun karena data pelaporan Dapodik terkait dengan sarana dan prasarananya tak sesuai atau tidak konek dengan pusat maka usulan itu dicoret oleh kementerian. "Oleh karena itu saya imbau kepada seluruh Kepala Sekolah hendaknya dapat menyampaikan laporannya sebagaiama fakta yang di lapangan.," imbau dia.

Menurut Hasan, untuk menyingkronkan pelaporan dapodik yang disampaikan oleh sekolah, agar tidak ada kekeliruan, Disdik sendiri akan melakukan verifikasi data yang disampaikan tersebut melalui Sistim Laporan Bulanan Sekolah (Silabus). Sehingga keakurasian datanya dapat benar-benar valid dan tidak di ada-ada.

'Yang pasti kami dari Disdik tidak pernah membeda-bedakan sekolah baik itu yang ada di perkotaan maupun di kecamatan, namun kalau memang benar-benar diperlukan sekolah manapun dan data laporan Dapodiknya benar tentu akan segera mendapatkan bantuan tersebut, dan kepada sekolah hendaknya dapat proaktif, jangan hal-hal seperti ini dibiarkan berlarut-larut," ungkapnya. (DJIMMY NAPOLEON/B-8)

Berita Terbaru