Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Kartanegara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Harus Berperan Aktif Minimalisasi Bencana Banjir

  • Oleh Norhasanah
  • 19 Juli 2017 - 13:04 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kapolres Sukamara AKBP Rade Mangaraja Sinambela mengimbau agar masyarakat di Bumi Gawi Barinjam berperan aktif dalam meminimalisasi bencana dampak banjir yang mungkin akan terjadi.

'Mengantisipasi terjadinya banjir masyarakat bisa melakukan aksi gotong royong membersihkan saluran air, selokan serta membersihkan lingkungan sekitarnya.' Ucap AKBP Rade mangaraja Sinambela saat menyampaikan amanat pada apel gelar pasukan yang dilaksanakan di halaman Mapolres setempat, Rabu (19/7/2017).

Menurut Rade, peran masyarakat dalam meminimalisir bencana banjir memang sangat diperlukan agar upaya yang pihaknya lakukan dapat membuahkan hasil, dan tidak ada masyarakat yang dirugikana akibat bencana tersebut.

'Terlebih bagi masyarakat yang menjadi langganan banjir untuk dapat menjaga kebersihan lingkungannya dengan tidak membuang sampah disekitar rumah, sebab apabila wilayah pemungkiman bersih maka air yang menggenang wilayah tersebut akan cepat surut,' terangnya.

Dikatakannya, apabila lingkungan kotor maka akan membuat banjir yang menimpa wilayah tersebut semakin lama karena air yang mengalir kesungai terhalang oleh tumpukan sampah yang ada disekitar rumah warga, dan hal tersebut berpotensi menimbulkan berbagai jenis penyakit yang bisa menyerang warga sekitar.

'Diwilayah kita yang sering mengalami bencana kebanjiran adalah Desa Pangkalan Muntai dan Kelurahan Pandang,' ujar Rade. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru