Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Indragiri Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Honor Panitia Pilkades tak Dibayar, Ini Masalahnya...

  • Oleh Naco
  • 19 Juli 2017 - 16:14 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Terhambatnya pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) di Kabupaten Kotawaringin Timur beberapa waktu lalu menjadi penyebab mengapa gaji atau honor panitia Pilkades tidak dibayar.

Menurut Panitia Pilkades Kabupaten (Panpilkab) Juliansyah, gaji panitia tidak dibayar karena beberapa waktu lalu tahapan Pilkades sempat terhenti, setelah Panpilkab bersama Badan Legeslasi (Baleg) DPRD Kotim merevisi Perda Pilkades.

"Karena tidak bekerja jadi tidak dapat honor, bukan hanya panitia desa kami panitia kabupaten juga tidak dihonor," kata Juliansyah, Rabu (19/7/2017).

Tidak dibayarnya honor panitia Pilkades menurut Juliansyah sudah berdasarkan hasil konsultasi mereka dengan pihak Inspektorat Kabupaten Kotim. Konsultasi ini dilakukan agar langkah yang diambil tidak salah.

"Jadi kami mulai membayar sejak bulan Juli ini saja sebelumnya tidak dibayar, awal bulan depan nanti gaji mereka akan dibayar untuk bulan Juli ini," tukasnya.

Menurut Juliansyah, pembayaran honor panitia Pilkades hanya berdasarkan pelaksanaan kegiatan saja, jika tidak ada kegiatan tidak dihitung. "Beda hal kalau sistem kontrak," tukas pejabat di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (DPMPD) itu.

Saat ini Panpilkab tengah melaksanakan Bimtek di Makassar, keberangkatan mereka menuai polemik pasalnya itu dilakukan ditengah panitia Pilkades tak digaji. (NACO/B-5)

Berita Terbaru