Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Solok Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Studi Tiru SAKIP ke Banyuwangi

  • Oleh Noor Annisa
  • 19 Juli 2017 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim) studi tiru ke Banyuwangi, Jawa Timur,  untuk menimba ilmu tentang manajemen kinerja .

Pemkab Kotim menjadi salah satu dari daerah yang datang  belajar ke Pemkab Banyuwangi karena kabupaten ini menjadi terbaik se-Indonesia dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

"Kita studi banding ke sana untuk mempelajari bagaimana kinerja pemerintah Kabupaten Banyuwangi," kata Kabag Organisasi dan Tata Laksana Setda Kotim, Akhmad Joniansyah, Rabu (19/7/2017).

SAKIP merupakan sebuah sistem terintegrasi dari perencanaan, penganggaran, hingga pelaporan yang memiliki empat fokus pelaporan dan evaluasi, yaitu laporan anggaran, kinerja output program pembangunan, kinerja outcome program, dan kinerja sasaran.

Menurut Joni, Pemkab Banyuwangi menggunakan aplikasi SAKIP mulai perencanaan, pengukuran kinerja secara online, hingga sistem monitoring kinerja pegawai, yang terintegrasi dalam sebuah sistem.

"Sehingga semua kinerja organisasi pemerintah terukur, dengan menggunakan aplikasi berbasis internet itu, itulah yang kita pelajari"tambahnya.

Menurutnya, Pemkab Kotim akan mempelajari lebih lanjut mengenai sistem pemerintahan yang terintegrasi dalam aplikasi secara online tersebut, untuk bagaimana bisa diterapkan pada Pemkab Kotim, agar mengikuti keberhasilan SAKIP di Banyuwangi. (NOOR ANNISA/B-5)

Berita Terbaru