Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Predikat SAKIP Kotim C Plus, Ini Rencana Pemerintah Kabupaten

  • Oleh Noor Annisa
  • 19 Juli 2017 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana Setda Kotawaringin Timur (Kotim) Akhmad Joniansyah mengatakan, saat ini pemerintah daerah meraih Predikat C Plus tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Penilaian tersebut diberikan oleh Pemerintah Pusat. Dengan penilaian yang dikategorikan cukup dan sama halnya dengan penilaian SAKIP di setiap SOPD yang ada.

"Setiap SOPD di Kotim penilaiannya juga berkisar antara C dan C Plus," kata  Joni, Rabu (19/7/2017).

Sehingga, ke depan Pemkab Kotim akan mencoba menerapkan e-budgeting, e-planing dan e-Sakip yang terintegrasi dalam sebuah sistem. "Satu aplikasi, bisa meliat kinerja mulai dari staf sampai kepada tingkat pimpinan tertinggi, target dan sasaran kinerjanya juga jelas" katanya.

Hal tersebut dilakukan guna memperbaiki SAKIP yang ada di Kotim agar lebih baik. "Kalau tidak sempat tahun ini, tahun 2018 kita akan coba menerapkan aplikasi ini untuk meningkatkan kinerja Pemkab. Minimal kita mendapat predikat B atau B plus," tuturnya.

Keseriusan Pemkab Kotim untuk membenahi SAKIP yakni ditunjukan dengan kedatangan Jajaran Pejabat SOPD Kotim yang diketuai Wakil Bupati Kotim Taufiq Mukri, bertandang ke Kabupaten Banyuwangi yang menjadi rujukan karena keberhasilan SAKIP nya.

Selanjutnya, Pemkab Kotim berencana akan bekerja sama dengan Pemkab Banyuwangi, terkai penerapan sistem aplikasi SAKIP yang sudah lebih dulu diterapkan di Banyuwangi. "Kita akan rapatkan terlebih dahulu di tingkat kabupaten, kemungkinan nanti akan ada tim susulan yang akan mendalami bagaimana penerapan aplikasinya, sehingga nanti kemungkinan kita akan lakukan MoU dengan Pemkab Banyuwangi,"tutupnya. (NOOR ANNISA/B-5)

Berita Terbaru